Home / Kaur

Kamis, 24 Agustus 2023 - 07:54 WIB

PT. DSJ Kembali Beroperasi, PMPL Ajukan Gugatan Perdata

PAGUCINEWS.COM – Setelah menggelar rapat tertutup di lantai 3 Setda Kaur kemarin (23/8/2023) Pemda Kaur akhirnya memperbolehkan kembali PT Dinamika Selaras Jaya (DSJ) mengelolah lahan perkebunan kelapa sawit di kawasan Padang Guci.

Pertimbangannya, Pemda Kaur menilai perizinan yang dimiliki perusahaan tersebut sudah lengkap.

Namun keputusan Pemda Kaur ini membuat Persatuan Masyarakat Pemilik Lahan (PMPL) Kaur kecewa. Atas kekecewaannya itu PMPL menggugat perdata PT Dinamika Selaras Jaya ke Pengadinan Negeri Bintuhan, atas tuduhan pencamlokan lahan warga.

“Keputusan rapat ini tidak sesuai dengan harapan kami, kami akan gugat secara perdata ke pengadilan. Kami juga akan menyampaikan laporan ke Polda Bengkulu,” kata Ketua PMPL Ahmad Kudsi AK, S.Sos, usai mengikuti rapat, kemarin.

Ahmad Kudsi mengaku mengaku kecewa atas langkah Pemda Kaur yang kembali memberikan ruang kepada PT DSJ untuk mengelola kembali lahan perkebunan. Padahal versi Ahmad Kudsi perizinan perusahaan itu sudah lama berkahir.

“Saya ini memperjuangkan hak-hak masyarakat kami yang lahannya sebagian dikuasai DSJ semoga saja nanti apa yang dicita-citakan dapat terkabulkan,” ujarnya.

Ahmad Kudsi bersama 10 anggota PMPL ikut dalam rapat yang digelar Pemda Kaur. Hadir pihak manajemen PT DSJ, Plt Bupati Kaur Herlian Mucrim, ST, Sekda Kaur Dr Drs Ersan Syafiri, MM didampingi Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman S.IK, M.IK, M.Si.

Sekda Kaur, Ersan Syafiri mengatakan, hasil pengecakan yang dilakukan Bagian Hukum setab Kanur, perizinan PT DSJ lengkap dan sesuai prosedur perundang – undangan berlaku.

Smentara mengenai lahan plasma yang menurut masyarakat ada yang kurang pas baik nama maupun ukuran, akan diselesaikan pihak prusahaan dengan masyarakat.

“Untuk soal batas wilayah itu pedomannya tetap UU Nomor 3 Tahun 2003 tentang pemekaran Kabupaten Kaur batas wilayah tetap berpedoman dengan itu soal batasan wilayah Kaur dan Bengkulu Selatan,” tegas Sekda.

Baca Juga  Masyarakat Kaur, 9 Desember Ayo ke- TPS Tentukan Kaur Berseri

Mengenai sikap Pemda Kaur yang sempat membekukan aktivitas PT DSJ, Sekda menegaskan langkah itu sifatnya smentara. Namun setelah digelar kemarin, pihak perusahaan sudah bisa beroperasi seperti biasa.

“Nah kalau ada pihak-pihak yang kurang puas dengan hasil rapat yang digelar hari ini, tentu ada jalur hukumnya silakan menempuh jalur hukum yang ada,” tegas Sekda.

Sementara itu Direktur Perizinan PT DSJ, Jon Siregar mengatakan pihaknya siap mengikuti arahan dari Pemkab Kaur. Sebagai perusahaan yang berada di Kabupaten Kaur, tentu pihaknya siap melengkapi dokumen-dokumen bila masih terjadi kekurangan.

“Kita siap ikut prosedur apapun keputusan Pemkab Kaur kita akma ikuti, soal lahan plasma bila ada yang kurang pas tentu hal ini akan kita bicarakan kembali kepada masyarakat pemilik lahan,” tegasnya. ( Asrin)

REDAKSI – SULISWAN

Spread the love

Share :

Baca Juga

Kaur

Protes Massal Pemecatan karyawan di PT KGS Kembali Kisruh

Kaur

Tim Kejari Inspeksi Mendadak,  ke Lokasi Proyek Tempat Pendaratan Ikan

Headline

Berseri Pilkada Kaur Lismidianto-Herlian Muchrim Nomor 2

Kaur

Bupati Kaur Hadiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah

Kaur

Peringatan Hari Otoda Ke-XXVIII, Sekda Kaur  Sampaikan Pesan Mendagri Tito

Kaur

6 OPD Kaur, Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Kejaksaan Negeri Kaur

Kaur

Sosialisasi, Apdesi Sambut Program Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur

Kaur

Usai Dilantik Medial Surjan, Siap Menata Pembangunan Desa Padang Manis