Home / Kesehatan / Kota Bengkulu

Minggu, 17 Mei 2020 - 22:23 WIB

Provinsi Bengkulu 2 Alat Tes Covid-19 PCM dan PCR Mulai Running Sampel Awal

Minggu 17 Mei 2020

Pagucinews.com – Provinsi Bengkulu sudah dapat secara mandiri melakukan pemeriksaan sampel SWAB Covid-19 pada Selasa (19/5) mendatang. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni saat keterangan pers perkembangan Covid-19 di Aula Dinkes, Minggu (17/5).

“Tadi sudah dicek kembali, bersama Direktur RSMY. Seluruh perlengkapan sudah siap, dan besok Senin(18/5) sudah mulai ujicoba pemeriksaan sampel serta finalisasi secara keseluruhan, mulai dari proses alur kerja, tim kerja dan sebagainya. Sehingga Lusa, (19/5) sudah mulai running untuk pemeriksaan sampel awal,” jelas Herwan

Lebih lanjut, Herwan mengatakan nantinya pemeriksaan akan dilakukan secara bertahap, sebab proses ini baru pertama kali dilakukan. Kita saat ini tersedia 2 alat tes Covid-19 yaitu PCM atau (alat seperti microskop dengan menggunakan catridge) dan PCR (dengan menggunakan reagen).

“Tahap pertama dimulai dengan pemeriksaan 20 hingga 50 sampel, jika sudah berjalan akan ditingkatkan karena kapasitas alat dapat mencapai 100 sampel perhari. Bahkan selanjutnya bisa lebih, sebab kita miliki 2 alat yang dapat digunakan untuk pemeriksaan sampel,” terangnya

Kemudian menurut Herwan, kedepan tim dapat memperbanyak melakukan pemeriksaan sampel secara meluas ke kabupaten/kota. Bahkan kita bisa mengembangkan penyelidikan secara epidemiologi dengan pengambilan sampel secara random pada kelompok berpotensi penularan, dengan demikian nanti dapat dianalisa bagaimana kondisi riil kasus Covid-19 secara sesungguhnya di Provinsi Bengkulu.

“Jadi tim akan lebih agresif melakukan pelacakan pada tracing cluster yang diprediksi menimbulkan infeksi baru. Bahkan, kedepan dapat dilakukan rapid dan pengambilan sampel pada kelompok resiko, termasuk untuk masyarakat yang berada atau beraktivitas di tempat umum, seperti pasar, terminal, jalanan, swalayan, ataupun mall mall,” pungkas Herwan (rls)

Baca Juga  Kapolda Bengkulu Berikan Penghargaan 3 Orang Personil Direktorat Sabhara

Redaksi : PGN

Spread the love

Share :

Baca Juga

Kota Bengkulu

Pengurus HMI Cabang Bengkulu 2022-2023  Dikukuhkan, Ini Arahan Gubernur

Kota Bengkulu

Waka Polda Bengkulu Serahkan Kunci Bedah Rumah Warga Teluk Sepang

Kota Bengkulu

Gubernur Bengkulu Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kota Bengkulu

TP PKK Provinsi Bengkulu Panen Sayuran, Kebun Edukasi Aku Hatinya PKK

Kota Bengkulu

Komisaris Independen Bank Bengkulu Dijabat Irjen Pol Purn Supratman

Kota Bengkulu

Rohidin Silahturahmi Di Kecamatan Selebar, 18 Program di Sampaikan

Advertorial

Awal Tahun 2024 Tantawi Dali,  Jaring Aspirasi Masyarakat di 8 Titik Dapil Bengkulu Utara

Bengkulu Utara

Ir.H.Mian Bersama Istri Mendapat Suntikan ke Dua Vaksinasi