Home / Kota Bengkulu

Jumat, 25 Agustus 2023 - 00:02 WIB

Penetapan Tarip PDAM Kabupaten Kota Harus Dipertimbangkan

PAGUCINEWS.COM – Penetapan tarip PDAM kabupaten kota harus mempertimbangkan bagaimana kemampuan masyarakat, baik pendapatan masyarakat selain biaya operasional PDAM itu sendiri. Hal ini disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Plt Asisten II Provinsi Bengkulu Florita Ramadhani, Rabu 23 agustus 2023.

Pertimbangan kemampuan ekonomi tersebut demi menjaga perekonomian masyarakat agar tidak mengalami tekanan, mengingat air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

“Penetapan tarif itu harus banyak pertimbangan-pertimbangan, bagaimana kemampuan masyarakat, pertimbangan pendapatan masyarakat, kemampuan biaya operasional PDAM-nya, dan bagaimana kemampuan kabupaten kota bisa memberikan subsidi dan lain sebagainya,” kata Foritha Ramadhani, Rabu.

Dia mengatakan PDAM bersama pemerintah kabupaten kota bisa membuat usulan tarif batas atas dan bawah untuk air minum daerah sesuai dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2020.

“Karena ada beberapa dasar perhitungan yang harus dijadikan pedoman, di Permendagri Nomor 21 Tahun 2020, berkenaan dengan itu apabila masukan usulan yang sudah ditandatangani oleh bupati wali kota, nanti akan dievaluasi,” kata dia.

Kemudian, menurut Foritha setelah dievaluasi sesuai dengan regulasi yang berlaku, maka tarif tersebut akan ditetapkan dalam bentuk keputusan gubernur.

“Akan ditetapkan dalam keputusan gubernur, yang nanti setelah itu akan dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya

Pemerintah Provinsi Bengkulu pun mewanti-wanti daerah untuk mematuhi tarif batas bawah yang telah disepakati dengan menerapkan tarif sesuai teknis dan rentang harga per meter kubik air.

“Jangan kemudian tarifnya tidak sesuai dengan yang telah disepakati dan ditetapkan. Seperti untuk 2023 ini ada kabupaten yang tidak sesuai dengan tarif batas atas dan bawah yang telah ditetapkan,” kata Foritha (Rilis)

REDAKSI – SULISWAN

Spread the love
Baca Juga  Usai Melaut CA di Amankan Polisi, Diduga Mencabuli Anak Umur 7 Tahun

Share :

Baca Juga

Kota Bengkulu

Rapat Paripurna DRPD Provinsi Bengkulu ke 6 Secara Virtual

Advertorial

DPRD Provinsi Bengkulu Menggelar Rapat Paripurna Atas Penghargaan WTP Oleh BPK RI

Hukum & Peristiwa

Polda Bengkulu Polres Seluma Temukan 2 Lokasi Lahan Ganja

Advertorial

Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Kunjungan Kerja ke  Provinsi Jambi

Advertorial

Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu Masa Persidangan ke 3 Tahun Sidang 2020

Hukum & Peristiwa

Resmob Macan Gading Reskrim Polresta Bengkulu Amankan 3 Terduga Curanmor

Kota Bengkulu

Gubernur Bengkulu Sambut Wapres Di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu

Kota Bengkulu

Guberur Bengkulu Pastikan Ruas Jalan Padang Jaya Dikerjakan Tahun Ini