Home / Bengkulu Utara

Rabu, 13 Mei 2020 - 16:23 WIB

Pamkab Bengkulu Utara Luruskan, Terkait Anggaran 11.5 Miliar Covid-19

Rabu 12 Mei 2020

Pagucinews.com – Terkait Agram Jaring Pengaman Sosial (JPS), Pemkab Bengkulu Utara meluruskan hal tersebut di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid19 Bengkulu Utara kepada awak media.Rabu (12/05)

Asisten I Setdakab Bengkulu Utara, Dullah SE didampingi Kepala Diskominfo, Sasman SP menyampaikan, Total dari jumlah KK yang akan dibagikan sembako untuk Masyarakat Bengkulu Utara adalah sebanyak 43.786 KK.

Angka ini diambil dari 70 Persen jumlah KK di Bengkulu Utara yang dikurangi dari penerima PKH dan bantuan Pangan Non Tunai.

“Hal ini kenapa 70%, karena 30 % lainnya yang dianggap mampu seperti, ASN, TNI, POLRI dan orang lain yang dianggap mampu tidak kita berikan. Dari 70% tersebut telah dikurangi dari penerima PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai,”katanya.

Sedangkan nilai Paket Sembako tersebut berupa Beras 10 Kg, Gula pasir 1 Kg, Minyak Goreng 1 Liter, yang totalnya bernilai sekitar Rp. 135.000.

Selain itu, dari Rp 11,5 M yang digunakan untuk JPS atau pembagian sembako bagi warga kurang mampu terdapak Covid19 tidak habis seluruhnya, melainkan masih ada lebih lagi yang tersimpan senilai Rp. 6 M akan digunakan untuk program yang sama.

“Iya harapan kita wabah ini segera berakhir, tetapi saat ini kita siapkan sisa dana tersebut untuk pemabagian lanjutan, jika memang wabah ini masih berlangsung. Pemkab sudah sangat berhati-hati dan cermat dalam melihat aturan,” katanya.

Ia menuturkan, menunjuk Camat sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) juga telah sesuai dengan aturan.

“Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 pada Pasal 5, ditekankan bahwa kepala perangkat daerah yang secara fungsional terkait dengan antisipasi dan penanganan dampak penularan Covid19, bertanggung jawab secara fisik dan keuangan terhadap dana antisipasi dan penanganan dampak penularan Covid-19 yang dikelolanya,” terangnya.

Baca Juga  Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bengkulu Utara 201-2024 Dikukuhkan

“Dapat diartikan, bahwa Camat juga Kepala OPD sehingga memang bisa ditunjuk sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan kita lakukan dalam program ini.

Kita juga sudah lakukan sosialisasi dengan seluruh camat baik secara langsung maupun saat rapat-rapat menggunakan Video Conference,” tutup Dullah. (*/rls)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Bupati Mian Survey Titik Lokasi Pembangunan Sentral Kuliner di Wisata Kemumu

Bengkulu Utara

7 Fraksi DPRD Bengkulu Utara Menyetujui  Anggaran  P-APBD  2021

Bengkulu Utara

PPKM Level 4 Bupati Dan Forkopimda Turun Kekecamatan
Asisten III Pemkab Bengkulu Utara Dr. H. Agus Haryanto SE, MM,memimpin rapat inflasi rutin

Bengkulu Utara

Rakor Inflasi Daerah, TPID Waspadai dan Pantau Kenaikan Bahan Pokok

Bengkulu Utara

Ayo Warga Bengkulu Utara, Kesempatan Bayar Pajak Sabil Berwisata

Bengkulu Utara

Open Macing Mania Lepas 7 kwintal Ikan, Rebut Hadia Motor

Advertorial

Paripurna DPRD Penyampaian Hasil Perubahan Raperda

Bengkulu Utara

Antisipasi Bencana, Tim SAR, TNI-Polri Gelar Latihan di Sungai Senali