Home / Kaur

Rabu, 3 April 2024 - 16:41 WIB

Merasa di Ingkari Petani Koperasi Plasma Tutup Jalan Pabrik

PAGUCINEWS.COM – Puluhan warga dari pemilik perkebunan plasma yang dinaungi oleh pihak koperasi produsen Graha Mitra (GMS) telah melakukan penutupan jalan menuju ke Pabrik Sawit Crude Palm Oil (CPO) milik PT. Ciputra Bumi Selaras (CBS) yang langsung dipimpin Ketua Koperasi Ahyatul Khair dan pengurus di Kecamatan Nasal, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga/Pemerintah Desa Parda Suka Bagikan BLT DD ke 30 KPM

Penutupan jalan ini sesuai dengan somasi yang dilarangnya Koperasi Produsen Graha Mitra Selaras (GMS) melalui kuasa hukum yang ditunjuk ke management PT. Ciptamas Bumi Selaras (CBS) di Kecamatan Nasal beberapa pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga/Asisten III Pemda Kaur Pimpin Safari Ramadhan di Masjid Al Mughni

Adapun tujuan dalam penutupan jalan ke pabrik ini supaya pihak PT. Ciputra Bumi Selaras (CBS) dalam manajemen dikelola PT Kuala Gunung Sejahtera (KGS) serius menyelesaikan persoalan dalam perjanjian kepada pihak petani plasma tentang pembagian hasil yang sesuai dalam perjanjian.

Yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) kepada pihak Koperasi dimana dalam MoU tersebut salah satunya hasil dari petani plasma dapat membayar kredit koperasi ke pihak bank yang telah di setuju pihak Perusahaan.

Dalam keterangan Ketua Koperasi Mitra Selaras (GMS), Ahyatul Khair kepada media mengatakan, akibat ulah PT. CBS ini maka terjadi kredit macet dari pinjaman petani plasma ke pihak bank yang saat ini sudah sampai 8 bulan tidak di bayarkan oleh pihak PT. CBS sehingga pihak bank sudah beberapa kali melayangkan surat teguran dan somasi kepada pihak Koperasi agar kredit macet bisa di selesaikan.

” Tentu kami proses keras kepada pihak PT, sebab kewajiban dari petani plasma tidak di bayar sementara buah sawit milik plasma dipanen oleh pihak Perusahaan,” ujar Ketua Koperasi GMS.

Baca Juga  Jalan Provinsi Bengkulu Tanjung Kemuning  Rusak Parah, PUPR Kaur Lakukan Penimbunan

” Dan kami akan berencana petani plasma Koperasi Produsen Graha Mitra Selaras (GMS) akan kelola sendiri kebun sawit seluas 420 hektar agar petani plasma dapat mendapatkan hasil dan menyelesaikan hak kewajiban sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Terpantau di lokasi pihak pengamanan telah berada di lokasi baik dari Polres Kaur, Polsek Nasal dan pihak TNI, Koramil Kaur Selatan, hadir juga Camat Nasal, Kepala Desa Ulak Pandan.( ASRIN)

Redaksi – Suliswan

Spread the love

Share :

Baca Juga

Kaur

Sosialisasi Aplikasi FMSI Pemerintah Kaur di Buka Langsung Bupati

Kaur

Bupati Kaur Bertindak Inspektur Upacra, Personil Polres Pengamanan Pilkades

Kaur

PKS PT CBS Turunkan Harga Beli TBS

Kaur

Bupati Kaur Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 Hijriyah /2023

Kaur

Mewujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih, Desa Sedang Indah Bangun Jamban Sehat

Kaur

DPRD Kaur Sidang Paripurna Agenda LKPJ Tahun 2022

Kaur

Bupati: Intensitas Hujan Tinggi Warga Kaur Untuk Tetap Waspada

Hukum & Peristiwa

Dua Tersangka diduga Pembacok Warga Nasal Akhirnya Ditangkap Polisi