Home / Kaur

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tahapan Musrenbang Kecamatan Berakhir Ini Pesan Sekda

PAGUCINEWS.COM – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas.

Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan/atau kelurahan.

Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kaur Tahun Anggaran 2024 Tingkat Kecamatan kaur selatan merupakan hari terakhir bersamaan Kecamatan Maje dan Nasal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Musrenbang Bappeda-Litbang, narasumber kepala SKPD, Forkopincam, seluruh kepala desa yang berhadir, Tokoh Masyarakat, TP-PKK, serta stakeholder terkait lainnya di wilayah Pemerintah Kabupaten Kaur.digelar di Aula Kantor Camat setempat Rabu 07/02/24.

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana masyarakat saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi, mengusulkannya dalam bentuk usulan sesuai dengan kamus usulan dari masing-masing Perangkat Daerah yang nantinya usulan tersebut diputuskan dan bentuk prioritas desa dan kecamatan.

Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran, yang nantinya akan diusulkan dalam musrenbang kabupaten.

Bupati Kaur H. Lismidianto melalui Sekda Kaur Drs. Ersan Syafiri dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbang yang dilaksanakan jangan hanya sekedar menjalankan kewajiban yang dilaksanakan secara seremonial, tetapi harus menghasilkan perencanaan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai bidang. Musrenbang hanya sekedar seremonial tercipta karena perencanaan dan penganggaran di masa lalu jangan sampai itu terjadi,” papar sekda

Berikut lima (5) Usulan prioritas pada Musrenbang-Cam Kaur Selatan tahun 2024:

Baca Juga  Pemkab Kaur, Rapat Persiapan  Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

1. Penanggulangan banjir melalui normalisasi 4 sungai yakni sekunyit, air bintuhan, air tube dan Air mekekal

2. Pembangunan pelabuhan perikanan di Pasar lama

3. Pembangunan jalan 2 jalur, terutama di Desa Air Dingin

4. Penanganan sampah

5. Pembangunan/normalisasi drainase/siring di sepanjang jalan nasional. ( ASRIN)

Redaksi – Suliswan

Spread the love

Share :

Baca Juga

Kaur

Asosiasi Tambak Udang Kaur Gelar Vaksinasi,  Bupati Lismidianto Respon Baik

Kaur

Matan Kapolda Bengkulu  Hari Ini Menjalankan Tugasnya di Mabes Polri

Kaur

Pemdes Batu Lungun Nasal Tuntaskan Pembangunan Jalan Sentra Produksi

Kaur

19 Kepala Keluarga Desa Air Long, di Tetapkan Tim Penerima KPM BLT DD

Kaur

Tim Pengendalian Inflasi Kaur Rapat Koordinsi Bersama Mendagri RI Secara Daring

Kaur

Dalam Rangka HUT Kecamatan Maje Ke 23, Camat Ajak Masyarakat Proaktif Bantu Pemerintah

Kaur

Tercatat 11 ODP Di Kaur, Sekda Himbau Masyarakat Hindari Keramaian

Kaur

Desa Benteng Harapan Kaur, Mengelar Pemilihan Anggota BPD