Home / Bengkulu Utara

Senin, 10 Juni 2024 - 23:03 WIB

Kejaksaan Negeri, Mejalin Kerja Sama Pengawasan Multimedia Bersama Kominfo BU

PAGUCINEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Utara,  melakukan kerja sama terkait pengawasan multimedia dan koordinasi data/ informasi.Bersama Kejaksaan Negeri

Menyikapi Tingginya ancaman dan serangan siber sosial di Indonesia khususnya diwilayah kerja di Kabupaten Bengkulu Utara, Kejaksaan Negeri BU melakukan pengawasan multimedia.

Pengawasan dilakukan berdasarkan Perpres dan Undang-undang terkait, dengan tujuan untuk menjaga ketertiban dan ketenteraman umum, serta lebih luas lagi untuk menjadi keamanan nasional. Senin (10/6/2024). Di Studio Radio Kharisma 95,6 FM Diskominfo BU.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri BU Ekke Widoto Khahar, SH, MH menyampaikan dalam rangka mengoptimalkan sistem keamanan nasional, Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2023 tentang Strategi Keamanan Siber Nasional dan Manajemen Krisis Siber.

“Iya diperlukan sebuah regulasi yang mengatur strategi keamanan siber salah satunya dengan melakukan pengawasan multimedia, seperti kegiatan pemantauan, pengendalian, pemeriksaan dan penelusuran informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik termasuk distribusi, diseminasi, atau transmisi informasi elektronik/dokumen elektronik melalui berbagai sistem elektronik atau platform digital sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, guna menjaga ketertiban dan ketenteraman umum serta keamanan nasional,” ujarnya.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri BU menyampaikan sebagai penyelenggara intelijen penegakan hukum, memiliki kewenangan untuk melaksanakan pengawasan multimedia sebagaimana diatur dalam Pasal 30 B huruf e Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

“Pengawasan multimedia yang dilakukan oleh Bidang Intelijen adalah mengetahui Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan (AGHT) dalam permasalahan penegakan hukum.

Hal ini penting agar dapat dilakukan deteksi dini sebagai upaya untuk memberikan saran/masukan kepada pimpinan, dalam pengambilan kebijakan terkait penegakan hukum.

Baca Juga  Stop Perusakan Hutan Wisata Alam PLG Sebelat, Aktivis Pekal  Siap Usir Penambang Batu Bara

Selain untuk mengetahui AGHT yang berpotensi terjadi, pengawasan yang dilakukan Bidang Intelijen untuk mengantisipasi pemberitaan-pemberitaan negatif yang dapat mempengaruhi tujuan penegakan hukum.”terangnya.

Maka dari itu, dalam rangka mengoptimalkan kewenangan pengawasan multimedia, beliau menyampaikan diperlukan menjalin kerja sama dengan Diskominfo BU dan diharapkan dapat menyelaraskan dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas dalam pengawasan multimedia.

“Kita akan memantau dan menerima aduan konten yang berkategori negatif sebagaimana diatur dan diancam dalam berbagai undang-undang maupun muatan konten yang meresahkan masyarakat. Untuk itu didalam pengawasan konten multimedia tersebut diperlukan manajemen penanganan konten negatif dan berkoordinasi dengan Kominfo,”tutupnya.(MCBU/dc).

Redaksi – Suliswan

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Paripurna DPRD Bupati Sampaikan Nota Pengantar Rancangan APBD Ta 2024

Bengkulu Utara

Pemdes Desa Padang Sepan Bangun Plat Deker ,Bersumber DD Tahun 2022

Bengkulu Utara

PPKM Level 3, Wabup Arie Lepas Penyaluran Bantuan Beras

Bengkulu Utara

Polisi Tangkap Pelaku Curanmor

Bengkulu Utara

Hasil Ujian Livestreaming CPNS Formasi 2019, Bisa Diakses Channel Youtube UPT BKN Bengkulu

Bengkulu Utara

Bupati Bengkulu Utara Arak Piala Adipura di Bundaran Kota Arga Makmur

Bengkulu Utara

Bupati Ir.H Mian Pimpin Sosialisasi prioritas Penggunaan Dana Desa

Bengkulu Utara

Pandemi –Covid-19 Hari Raya Idul Fitri Kapolsek Padang Jaya, Kunjungi Penggurus Masjid