Home / Kaur

Senin, 5 Juni 2023 - 08:06 WIB

PKS PT CBS Turunkan Harga Beli TBS

PAGUCINEWS.COM – Pimpinan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Ciptamas Bumi Selaras (CBS) membuat kebijakan menyedihkan petani. Karena perusahaan ini menurunkan Harga Tandan Buah Segar (TBS).

Baca Juga /Dikenal Terbaisa Hidup Sederhana, Kos 1 Kamar Dipakai Berempat

Penurunan ini tidak menguntungkan petani kelapa sawit. Perlu diketahui untuk periode Mei 2023 lalu. Harga TBS wilayah Bintuhan Rp 1.650/Kilogram (Kg), wilayah Padang Guci sebesar Rp 1.740/Kg dan wilayah Manna Rp 1.820/Kg.

Sedangkan harga TBS terkini wilayah Bintuhan turun menjadi Rp 1.510/Kg, wilayah Padang Guci Rp 1.600/Kg dan wilayah Manna Rp 1.680/Kg.

Walaupun harga turun, penjualan TBS dari petani mengalami peningkatan. Dalam satu hari petani mampu menjual TBS sebanyak 650 ton, sebelum hanya 500 ton/hari.

“Turunnya harga TBS, dikarenakan buah yang dijual petani banjir. Akibat pasokan TBS melimpah, sehingga Crude Palm Oil (CPO) over head (terlalu banyak). Sehingga pimpinan mengeluarkan kebijakan, dengan menurunkan harga TBS sementara,” kata Asisten Pembeli Buah Yuliman, Minggu (4/6/2023).

Terpisah, Awaludin (45) warga Sinar Banten Kecamatan Nasal mengatakan, kebijakan penurunan harga TBS yang diambil management PT CBS. Berdampak dengan harga jual TBS ditingkat petani (toke,red).

Harga TBS di toke bervariasi dari Rp 1.100/Kg sampai 1.200/Kg. Tergantung dengan kualitas TBS yang dijual. Kalau TBS berkualitas maka harga akan tinggi, sebaliknya jika TBS dalam keadaan jelek harga jualnya akan turun.

“Sejak awal Januari 2023 harga TBS masih di bawah Rp 2000. Entah apa penyebabnya harga TBS di Kabupaten Kaur ini tidak mengalami peningkatan,” ujarnya( Asrin)

Redaksi Suliswan

Spread the love
Baca Juga  Tim Pemenangan Lis- Heri Pilkada 2020, Desa Batu Lungun Bersatu Ingin Perubahan

Share :

Baca Juga

Kaur

Tim Paslon Lis-Heri Bersatu dari 15 Kecamatan di Kaur Menggelar Syukuran

Kaur

48 Orang PKM Desa Parda Suka Kaur,  Lajut Menerima BLT DD Tahap II

Headline

Oknum Warga Kaur Tertangkap Tangan, Jutaan Rupaih Uang Diduga Untuk Money Politik

Kaur

Produk Hukum Pilkades Kaur Rampung, Masyarakat Pilih Cakades 28 Februari 2021

Kaur

Tim Supervisi TP PKK Propinsi Bengkulu Kunjungi TP.PKK Kabupaten Kaur 

Kaur

Kabar Baik!  76  Warga Desa Air Pahlawan  Kaur Kembali Terima BLT DD Tahun 2021

Kaur

Kayu Gelondongan Lahan PT CHS Komisi III DPRD Prov Bengkulu Akan Cek Lokasi

Kaur

Pemda Kaur Menerima WDP Dari BPK RI Perwakilan Bengkulu