Home / Headline / Nasional

Jumat, 2 Juni 2023 - 13:34 WIB

Saham SM Entertaiment Anjlok Usai 3 Member Exo Akhiri Kontrak, Agensi Tidak Tinggal Diam

Baekhyun, Xiumin dan Chen

Baekhyun, Xiumin dan Chen

PAGUCINEWS.COM Viral kabar tiga member EXO, Baekhyun, Xiumin dan Chen tidak memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment sebagai agensinya, pad Kamis 1 Juni 2023. Ketiga anggota EXO ini memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment setelah beberapa tahun bekerja sama.

Baca Juga /Realme C53 Resmi Meluncur, Punya Layar 6,74 Inci dan Fast Charging

Akibatnya, harga saham SM Entertainment Co Ltd anjlok di bursa saham Korea Selatan (KRX).

Menurut data Refinitiv, harga saham SM Entertainment ambles 7,20% ke posisi KRW101,80 hari ini.

Dengan ini, harga saham perusahaan tersebut mengakhiri penguatan selama 3 hari sebelumnya. Dalam sepekan, saham SM Entertainment turun 1,45%. Namun, sejak awal tahun (ytd), saham ini sukses melesat 35,37%.

Kronologi Baekhyun, Xiumin, dan Chen Akhiri Kontrak

Tiga member EXO yaitu Baekhyun, Xiumin, dan Chen telah meminta untuk mengakhiri kontrak ekslusif mereka dengan SM Entertainment.

Pada 1 Juni, melalui perwakilan hukum LIN, Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO memberitahukan pemutusan kontrak ekslusif tersebut telah dikirim ke SM Entertainment.

Menurut LIN, Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO telah mengajukan total 7 permintaan dokumen kepada SM Entertainment.

Adapun 7 dokumen tersebut merinci pendapatan dan pembayaran ketiga anggota EXO dari bulan Maret hingga Mei.

“Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga anggota mengirim sertifikasi konten sebanyak tujuh kali, dan melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian,” jelas LIN, yang dikutip dari Soompi.

Mengutip dari AllKpop, LIN menyatakan, SM Entertainment memaksa artisnya untuk menandatangani kontrak eksklusif yang panjang dengan total 12~13 tahun.

Sementara yang terbaru, SM Entertainment meminta sang artis untuk memperpanjang kontrak hingga 17-18 tahun.

Baca Juga  Mimpi Hamil di Luar Nikah, Ini 10 Artinya Menurut Islam dan Primbon Jawa

“Seakan kontrak 12-13 tahun tidak cukup buruk, label berusaha membuat artis menandatangani selama 17-18 tahun. Ini adalah penyalahgunaan kekuasaan oleh SM,” jelas sang pengacara, dikutip dari Koreaboo.

Oleh karena itu, Baekhyun, Xiumin, dan Chen memberi tahu SM mengenai pemutusan kontrak eksklusif mereka yang ada mulai 1 Juni.

Sementara itu, ketiga anggota EXO tersebut meminta maaf kepada penggemar karena membuat mereka khawatir.

“Kami mohon maaf telah menimbulkan kekhawatiran. Kami akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan perselisihan ini dengan bijak,”

SM Entertaiment Buka Suara

SM Entertainment kemudian buka suara mengenai hal ini. Mereka merilis surat pernyataan resmi menanggapi keputusan tiga artisnya untuk mengakhiri kontrak. SM menyebut ada pihak luar yang mempengaruhi artis-artis mereka untuk bertindak demikian.

Berikut pernyataan lengkap SM Entertainment terkait keputusan Chen, Baekhyun, dan Xiumin mengakhiri kontrak mereka:

“Halo ini SM Entertainment.

Lewat strategi SM 3.0 yang sudah diumumkan awal tahun ini, kami menyampaikan visi baru sebagai perusahaan hiburan global yang terdepan, dan bersamaan dengan itu, kami juga berusaha keras untuk memenuhi harapan fans dengan terus memperbaiki tata kelola perusahaan. Hanya saja, ada pihak yang mengambil celah ketika kami sedang berkonsentrasi dengan kemampuan kami untuk mempersiapkan visi baru tersebut, mereka menghampiri artis kami dan menyampaikan informasi palsu atau asesmen legal yang salah. Pihak ini bilang bahwa tidak apa-apa untuk mengabaikan kontrak eksklusif para artis dan menandatangani kontrak dengan mereka saja. Sudah bisa dipastikan bahwa ada pihak luar yang membuat usulan tak beralasan ke artis kami.

Pihak luar yang sama sekali tidak punya ketertarikan dengan artis kami ini, telah melakukan aksi ilegal yang menyebabkan artis-artis kami membuat penilaian yang salah, memutuskan mengakhiri kontrak, atau menandatangani kontrak ganda dengan memanfaatkan rumor-rumor, fitnah, serta bujuk rayu.

Baca Juga  Bisa Bikin Pintar, Inilah 10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kami bisa pastikan bahwa pihak luar ini tidak hanya membujuk artis dari manajemen kami untuk mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan kami, tapi juga membujuk artis kami buat menandatangani kontrak ganda.

Hal ini tentu saja ilegal dan juga ada maksud tersembunyi untuk menghancurkan tim yang sudah terbentuk (EXO) dengan memicu konflik di antara manajemen dan artis, juga antara sesama artis. Usaha ini tidak hanya secara mendasar menghancurkan kepercayaan fans yang sudah memberikan cinta dan dukungan ke artis kami, tapi juga ilegal dan tidak bisa dimaafkan demi masa depan industri K-Pop.

Oleh karena itu, kami tidak akan tinggal diam terhadap oknum yang rakus akan uang tanpa benar-benar memikirkan hal-hal penting buat artis kami seperti masa depan mereka atau hak hukum yang sah, dan kami akan menindak ini secara hukum. Hal ini kami lakukan untuk menjaga reputasi dan image artis kami yang akan rusak parah karena keserakahan pihak tersebut, juga untuk melindungi reputasi artis-artis kami di masa depan.

Kami akan melakukan yang terbaik demi fans dengan menindak secara hukum pihak luar yang jahat ini.

Terima kasih.”

Redaksi : Suliswan

 

Spread the love

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pria Harus Tahu, Inilah 7 Tanda Wanita Sudah Tidak Mencintai Pasangannya

Nasional

BRO Jamin Soroti Jalan Rusak Di Kabupaten Belitar Jawa Timur

Hukum & Peristiwa

Disekap Dalam Gubuk Selama 3 Hari Tanpa Makanan, Siswi SMP Diperkosa

Headline

5 Bagian Tubuh Manusia yang Disukai Oleh Jin Kafir

Hukum & Peristiwa

Keluarga Korban Siswa SMA Berinisial S Yang Tewas Kecelakaan Bakal Melapor Propam Mabes Polri

Nasional

Stadion Kanjuruhan, Laga Antara Arema FC vs Persebaya

Headline

Ingin Mengetahui Karakter dan Sifat Seseorang dalam Sekejap? Ajukan 6 Pertanyaan Psikologi Ini

Nasional

Pesan Puan Untuk Listyo Sigit Yang Disetujui DPR Jadi Kapolri