Home / Headline / Nasional

Minggu, 25 Juni 2023 - 13:09 WIB

Pecinta Kopi Wajib Tahu! Ini 11 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Pecinta Kopi Wajib Tahu! Ini 11 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Pecinta Kopi Wajib Tahu! Ini 11 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

PAGUCINEWS.COM – Kopi merupakan minuman yang populer di seluruh dunia. Banyak orang menikmati rasa dan aroma kopi yang khas, namun sering kali kopi dikonsumsi dengan tambahan gula untuk memberikan rasa manis. Namun, ada manfaat yang signifikan ketika kita memilih untuk minum kopi tanpa gula.

Artikel ini akan menjelaskan 10 manfaat penting dari minum kopi tanpa gula untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

1. Meningkatkan daya ingat

Hal ini disampaikan oleh para peneliti, disebutkan mereka yang meminum kopi tanpa gula setiap harinya memiliki memori yang lebih baik. Salah satunya dalam studi melalui permainan yang melibatkan ingatan, peminum kopi hitam muncul sebagai pemenangnya dengan hasil ingatan yang lebih baik.

2. Mencerdaskan

Kopi bebas gula bisa memblokir neurotransmitter yang disebut “adenosine”. Ketika kafein adenosine ini, pengaktifan saraf otak akan meningkat sehingga membantu melepaskan neurotransmitter yang bermanfaat. Pada intinya, kafein meningkatkan fungsi otak.

3. Mengandung antioksidan

Kopi diketahui sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar. Antioksidan ini disebut sebagai quinones.

Quinones dapat membantu seseorang dalam menangani berbagai masalah kesehatan. Antioksidan lain yang ada di kopi adalah hydrocinnamic acid dan polyphenols. Mereka bisa melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

4. Meningkatkan fokus dan kewaspadaan

Kopi hitam mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan ini, fokus otak akan semakin meningkat yang otomatis akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

5. Mengandung vitamin dan mineral

Vitamin yang terkandung dalam kopi hitam misalnya B2, B3, dan B5. Ada juga mangan, potasium, dan magnesium. Semuanya penting untuk memfungsikan organ tubuh secara optimal. Misalnya vitamin B2 dalam memproduksi energi, nutrisi seperti potasium dan magnesium juga berperan untuk mengontrol tekanan darah.

Baca Juga  Air Tertua di Dunia Ditemukan di Kanada Berusia Miliaran Tahun, Ternyata Begini Rasanya

6. Membersihkan perut

Minum kopi tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin dari dalam perut.

Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin ketika seseorang buang air kecil. Kopi hitam juga membantu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan perut.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kopi hitam bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga. Kopi yang disajikan dengan cara ini juga bisa membantu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan.

8. Menjaga organ hati

Kopi hitam dapat membantu menurunkan risiko terkena sirosis hingga 80 persen. Sirosis merupakan istilah untuk menyebut kerusakan hati kronis.

9. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dan kolesterol yang menyebabkan arteri tersumbat.

Pasalnya, jika sampai arteri tersumbat dapat memicu serangan jantung. Kopi hitam juga mengurangi peradangan dalam tubuh yang menjadi penyebab lain dari kardiovaskular.

10. Mengurangi risiko diabetes

Meminum kopi hitam dapat meminimalisir risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Fakta ini ditunjukkan dalam sebuah studi dari Harvard, bahwa peminum kopi memiliki peluang 11 persen lebih rendah dari mengalami diabetes tipe 2.

Itu berlaku bagi orang yang mengonsumsi kopi hitam lebih dari 1 cangkir dalam seharinya.

11. Membantu mencegah kanker

Dengan minum dua cangkir kopi hitam setiap harinya dapat mencegah terjadinya kanker, karena kopi memiliki kandungan anti-kanker yang akan meminimalisasi risiko tumbuhnya sel-sel penyakit mematikan ini.

Kopi hitam bisa benar-benar membuat konsumennya melek, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi risiko sejumlah penyakit.

Tidak hanya itu, kopi hitam dapat memberikan energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan fokus. Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati, membantu otak bekerja lebih baik, dan meningkatkan stamina selama melakukan olahraga.

Baca Juga  AWAS! 5 Tanda HP Disadap Atau Dibajak, Segera Periksa

Kopi adalah bahan yang menjadi sumber antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Sebaliknya, jika secangkir kopi terlalu banyak dicampuri dengan bahan lainnya, seperti krimer dan gula, itu dapat menghilangkan manfaat yang bisa didapatkan.

Demikian manfaat kopi hitam bagi kesehatan jika tanpa dicampur bahan lainnya seperti gula.

(Redaksi – Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Headline

Kapolda Bengkulu Kunjugi Perguruan Tinggi, Mempererat Tali Silaturahmi

Nasional

Kayu Gaharu Kayu Berkualitas Terbaik,Termahal di Pasaran Internasional

Headline

Jadwal Coldplay Konser di Singapura 5 Hari, Ini Link Beli Tiket dan Harga Tiket Konser Coldplay

Nasional

Diduga Kaget Sopir Banting Setir, Bus PO Harapan Jaya Terperosok ke Sawah

Nasional

Nagita Slavina Selalu Berhasil Mencuri Perhatian Netizen

Nasional

Waspada 17 Wilayah Diperkirakan Mengalami  Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Nasional

Komplotan Pembobol Brankas Toko Minimarket di Bekukuk Polisi

Kota Bengkulu

Persemian Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno, Ini Pesan Presiden