Home / Bengkulu Utara / Politik

Sabtu, 21 November 2020 - 20:13 WIB

Ketua Bawaslu RI Abhan, Kunjungi Kabupaten Bengkulu Utara

Pagucinews.com –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), kabupaten bengkulu utara mengelar sosialisasi proses simulasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Serentak 2020 dengan Protokol Kesehatan.

Sosialisasi dihadi Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Tugiran, M.Pd, Kordiv. Pengawasan, Humas dan Hubal, Tri Suyanto, SE, Selaku tim pertimbangan dan koordinator sekretariat ,Taufik Akbar Pane, Ketua DPRD Sonti Bakara,SH dan peserta lainya bertempat  di sala satu Resto di kota Arga Makmur.Sabtu (21/11)

Ketua Bawaslu RI, Abham,SH,MH menjelaskan  terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditempel di papan pengumuman di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dalam DPT tersebut terdapat rincian jenis disabilitas dengan keterangan jumlah pemilih normal, fisik, intelektual, mental dan sensorik.

“Iya berikan saran perbaikan untuk penamaan kolom yang ada di DPT, supaya mengganti tulisan normal dengan tulisan jumlah pemilih atau pemilih non disabilitas,” kata Abham .

Proses simulasi terdapat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 1 yang bertugas yang cukup banyak, memeriksa surat pemberitahuan memilih (C6) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), memberikan handsanitizer dan sarung  tangan.

“Iya tugas KPPS 1 dapat dibagi dengan petugas sebelumnya dalam penerapan protokol kesehatan atau dilimpahkan kepada petugas yang memeriksa suhu. Atau bisa diatur oleh KPU nantinya silahkan yang penting yang hindari penumpukan harus jaga jarak,” terangnya.

Bigitu juga, Ketua Bawaslu Bengkulu Utara Titin Sumarni, estimasi waktu yang dibutuhkan pemilih saat menggunakan hak pilihnya harus diperhatikan. Lebih fokus ,lebih intens mengawasi dan perhatikan prokes kesehatan covid 19. akan dilakukan rapid test untuk  menimbulkan bahwa petugas pengawas dan penyelenggara pemilu bebas dan masyarakat tidak ragu untuk ke TPS.

Baca Juga  Ketua DPRD BU, Menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan  Pendahuluan Oleh BPK

“Iya Pilkada  dimasa pandemi  jaga jarak dan penggunaan protokol Kesehatan harus betul-betul ketat dilaksanakan dengan rapid test untuk  menimbulkan bahwa petugas pengawas dan penyelenggara pemilu bebas dan masyarakat tidak ragu untuk ke TPS,”kata Titin (Adv)

Redaksi : Pagucinews

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Bupati Ir.H Mian Membangun Bengkulu Utara, Untuk Mesejatrakan Ekonomi Masyarakat

Bengkulu Utara

DPRD BU, Kembali Rapat Internal Membahas laporan dari Tim Bapemperda

Bengkulu Utara

Antisipasi Virus Covid-19 Warga Seprotkan Disinfektan ke- Rumah-rumah

Bengkulu Utara

Bunda PAUD BU,  Sosialisasikan Gerakan Transisi PAUD-SD Menyenangkan

Bengkulu Utara

Tim Pengendalian Inflasi Daerah Meeting Rakor TPID High Level Meeting Ta 2022

Bengkulu Utara

Irfan Rambe; Kami Akan Rolling Oknum Sapam PT SIL Bermain Antrian Truck TBS

Nasional

Tetty Paruntu Ketua DPD I Golkar Sulut, Berbagi Sembako Pengurus Mesjid Al-Mu’Minun

Bengkulu Utara

Pemkab Bengkulu Utara Matangkan Persiapan Hari Ikan Nasional