Home / Headline / Nasional / Uncategorized

Selasa, 6 Juni 2023 - 09:26 WIB

Kemampuan Mengendalikan Mimpi (Lucid Dream) Apakah Berbahaya? Ini Caranya Melakukannya

Lucid Dream, foto by istockphoto

Lucid Dream, foto by istockphoto

PAGUCINEWS.COM Lucid dream adalah fenomena yang berhubungan dengan kondisi kesadaran seseorang, di mana seseorang tersebut menyadari bahwa ia sedang bermimpi dan dapat mengendalikan mimpi tersebut.

Kemampuan mengendalikan ini bervariasi, ada yang bisa mengendalikan aksi yang dilakukan dalam mimpi, bahkan ada juga yang bisa mengendalikan hingga environment yang ada di sekitarnya, seperti latar tempat dan suasana yang dialami.

Baca Juga /9 Jenis Mimpi yang Menandakan Seseorang Bakal Menjadi Orang Kaya

Lucid dream terjadi bukan tanpa sebab, ya. Lalu, apa sih penyebab lucid dream itu? Berikut uraiannya!

Lucid dream sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Fenomena ini telah dipelajari selama bertahun-tahun dan berkaitan dengan REM (Rapid Eye Movement) sleep.

REM sleep atau tidur REM merupakan fase tidur di mana mimpi biasanya terjadi. Ketika mengalami REM sleep, mata akan bergerak cepat, napas menjadi pendek, tekanan darah meningkat, dan gelombang otak akan sama seperti saat kita bangun atau terjaga.

Nah, karena gelombang otak saat kita mengalami REM sleep sama seperti saat kita terjaga, oleh karena itu, meskipun tubuh kita sedang tertidur, namun pikiran kita akan tetap aktif.

Gelombang otak yang aktif ini akan membuat kita merasa seperti berada di antara tidur dan terjaga. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena mimpi, termasuk lucid dream.

Cara Melakukan Lucid Dream

Mayoritas orang mengalami lucid dream secara natural tanpa disengaja. Namun, ada juga lho, beberapa cara yang bisa diterapkan untuk melakukan lucid dream. Atau setidaknya, dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami lucid dream. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips untuk melakukan lucid dream berikut:

1. Teknik MILD (Mnemonic Induction of Lucid Dreams)

Baca Juga  Pemeran Video Asusila Kebaya Merah, Memproduksi 92 Video Dewasa

MILD adalah suatu teknik di mana seseorang dengan sengaja memberitahu dirinya sendiri bahwa ia akan bermimpi dan ia akan tahu tentang mimpi tersebut. Kamu bisa melakukan teknik MILD untuk mensugesti diri kamu supaya mengalami lucid dream.

2. Teknik WILD (Wake Induced Lucid Dreaming)

Kemudian, kamu juga bisa melakukan teknik WILD. Apa lagi tuh ya? WILD merupakan teknik di mana seseorang akan tidur lebih awal, kemudian dengan sengaja bangun setelah tidur selama beberapa jam, kemudian kembali tidur lagi sembari mempertahankan kondisi kesadarannya agar ia bisa mengetahui transisi dari terjaga menuju tidur.

3. Dream Journaling

Dream journaling juga bisa membantumu berpotensi mengalami lucid dream. Dream journaling adalah kegiatan mencatat atau mendokumentasikan isi mimpi ke dalam suatu jurnal. Jurnal ini kemudian digunakan untuk membantu seseorang mengingat mimpi-mimpi apa yang pernah dialami dan seperti apa pattern mimpi yang telah dialami.

4. Tidur Lebih Sering saat Fase REM

Tidur lebih sering saat fase REM dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang setiap malam. Selain itu, kualitas tidur juga bisa ditingkatkan dengan menciptakan suasana yang nyaman menjelang tidur, mengurangi konsumsi kafein, mengurangi bermain gadget sebelum tidur, serta menerapkan jadwal tidur yang teratur. Kualitas tidur yang meningkat dapat memungkinkan seseorang untuk mengalami mimpi yang lebih indah dan bisa diatur sesuai keinginan.

Apakah Lucid Dream Berbahaya?

Mengalami lucid dream memang terdengar seru dan menyenangkan. Namun, ternyata ada beberapa efek samping dan resiko yang bisa jadi bahaya jika seseorang terlalu sering mengalami lucid dream. Apa saja resiko bahaya yang bisa timbul akibat lucid dream? Di antaranya yakni sebagai berikut:

1. Gangguan tidur

Baca Juga  11 Kepala Desa Terpilih Dilantik Bupati Kaur

Ketika seseorang lebih fokus ingin mengalami lucid
dream dalam tidurnya, maka akan mengakibatkan kualitas tidur seseorang menjadi kurang bagus. Seseorang dapat mengalami gangguan tidur yang dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental seseorang secara keseluruhan.

2. Sleep paralysis

Lucid dream juga dapat memungkinkan terjadinya sleep paralysis. Sleep paralysis merupakan kondisi di mana tubuh seseorang tidak dapat digerakkan meskipun orang tersebut secara sadar ingin menggerakkan tubuhnya.

3. False awakenings

False awakenings merupakan kondisi di mana seseorang mengira dirinya sudah bangun padahal sebenarnya ia masih tertidur dan masih bermimpi. Hal ini juga dapat terjadi saat seseorang mengalami lucid dream.

4. Energi terkuras habis dan emosi yang tidak stabil

Ketika mengalami lucid dream, seseorang dapat merasakan emosi intens yang dapat terekam dalam memori, bahkan hingga seseorang tersebut terjaga.

Ketika sudah terbangun dari tidur, seseorang akan merasa energinya seperti terkuras habis dan emosinya pun menjadi tidak stabil. Hal ini membuat seseorang mengalami overwhelming dan sulit memproses kejadian yang dialami.

Manfaat Mengalami Lucid Dream

Walaupun terdapat kekurangan ketika seseorang mengalami lucid dream namun, terdapat pula beberapa manfaat yang didapatkan ketika mengalami lucid dream. Melalui survey yang dilakukan oleh International Dream Research (Healthline, 2021), lucid dream memiliki manfaat yaitu:

• Problem solving
• Mengontrol mimpi buruk
• Pertumbuhan spiritual dan inner work
• Cosmic adventuring
• Penyembuhan emosi, mental, dan fisik

Ketika mengalami lucid dream biasanya kita dapat mengontrol mimpi kita maka, hal ini dapat membantu kita dalam mengontrol mimpi buruk. Kita dapat memutuskan bagaimana kelanjutan dari mimpi kita, apakah kita ingin melihat keburukan atau keindahan dalam mimpi kita.

Baca Juga  Wairwasum Polri, Hendra Kurniawan Akhirnya Dijatuhisanksi PTDH

Peneliti di Institute for Consciousness and Dream Research juga mengungkapkan bahwa Lucid Dream Therapy (LTD) yang diberikan kepada penderita Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) tidak berpengaruh terhadap mimpi buruk mereka namun, terapi ini dapat mengurangi kecemasan serta depresi mereka.

(Redaksi/Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Headline

10 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Satu Unit Pajero Sport

Uncategorized

Awali Jabatan Bupati Lismidianto Apel Bersama ASN Lingkungan Pemda Kaur

Headline

Berhasil Luluhkan Hati Azriel Hermansyah, Ini 7 Potret Cantik Paras Bule Bali-Jerman Sarah Menzel

Nasional

Partai NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden Pemilu 2024

Headline

Bupati, Walikota Menyetujui Ahmad Irfan, Direktur Utama Bank Pemerintah Daerah Bengkulu

Headline

Bupati Kaur Lismidianto Menyerahkan Bantuan, Warga Korban Banjir

Bengkulu Utara

Judika: Pukau Puluhan Ribu Masyarakat di  Alun –alun Rajo Malim Paduko

Uncategorized

Morbi in sem quis dui placerat