Home / Headline / Nasional

Kamis, 8 Juni 2023 - 15:15 WIB

Isi Khutbah Iblis di Hari Akhir di Depan Para Pengikutnya, Isinya Menyentuh Hati

Isi Khutbah Iblis di Hari Akhir di Depan Para Pengikutnya, Isinya Menyentuh Hati

Isi Khutbah Iblis di Hari Akhir di Depan Para Pengikutnya, Isinya Menyentuh Hati

PAGUCINEWS.COM – Di hari kiamat nanti iblis rupanya akan berkhutbah di hadapan para pengikutnya. Sebagai umat Islam, hendaknya kita senantiasa berlindung kepada Allah SWT agar tidak mendengarkan khutbah iblis kelak di hari akhir.

Ini dikarenakan iblis disebut akan menyampaikan pesannya kepada orang-orang yang mengikutinya dan telah ditetapkan oleh Allah masuk ke dalam neraka jahannam.

Sungguh kehinaan dan kesedihan yang tidak bisa terbayangkan dalam hati para penghuni neraka tatkala mendengar khutbah dari sang pemimpin, iblis.

Khutbah tersebut, benar-benar masuk ke dalam hati para pengikut Iblis. Khutbah yang mengalirkan air mata manusia kala itu.

Iblis memang selalu mencoba untuk menggoda manusia dan menyesatkan manusia dari jalan lurus. Ini bertujuan agar di akhirat kelak ia memiliki teman untuk ditempatkan di neraka.

Melansir dari berbagai sumber, disebutkan jika pada hari akhir nanti iblis akan berkhutbah di hadapan para pengikutnya. Bahkan, khutbah iblis ini disebut sebagai khutbah yang paling menyentuh hati.

Sementara kebenaran soal iblis yang berkhutbah tertuang dalam surat Ibrahim ayat 21-23.

Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata :

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ ، قَامَ إِبْلِيْسُ خَطِيْبًا عَلَى مِنْبَرٍ مِنْ نَارٍ ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ

“Tatkala hari kiamat Iblis berdiri di atas sebuah mimbar dari api lalu berkhutbah seraya berkata, ‘Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya…” (Tafsiir At-Thobari 16/563)

Al-Haafizh Ibnu Katsiir rahimahullah berkata :

يُخْبِرُ تَعَالَى عَمَّا خَطَبَ بِهِ إِبْلِيْسُ أَتْبَاعَهُ، بَعْدَمَا قَضَى اللهُ بَيْنَ عِبَادَهُ، فَأدخل المؤمنين الجنات، وأسكن الكافرين الدركات، فقام فيهم إبليس -لعنه الله -حينئذ خطيبا ليزيدهم حزنا إلى حزنهم (4) وغَبنا إلى غبْنهم، وحسرة إلى حسرتهم

Baca Juga  Copot Jabatan Jon Harimol Oleh Petahana Gusril, Mendagri Turun Tangan

“Allah mengabarkan tentang khutbah yang disampaikan oleh Iblis kepada para pengikutnya, yaitu setelah Allah memutuskan/menghisab para hambaNya, lalu Allah memasukan kaum mukminin ke surga, dan Allah menempatkan orang-orang kafir ke dalam neraka jahannam. Maka Iblispun tatkala itu berdiri dan berkhutbah kepada para pengikutnya agar semakin menambah kesedihan di atas kesedihan mereka, kerugian di atas kerugian, serta penyesalan di atas penyesalan….” (Tafsiir Al-Qur’an Al-‘Adziim 4/489).

Isi Khutbah Iblis

Isi khutbah iblis di hadapan para pengikutnya di hari kiamat telah disebutkan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran. Khutbah iblis ini disebut akan membuat para pengikutnya semakin bersedih dan sangat menyesal karena mengikuti perintah iblis yang menyesatkan. Hal ini seperti disebut dalam QS Ibrahim :

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: ‘Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya.

Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri.

Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu’. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih,” [QS. Ibrahim ayat 22]

Demikianlah khutbah Iblis tersebut….setelah ia menggoda manusia…setelah menipu mereka…setelah menjerumuskan mereka dalam neraka…setelah tercapai cita-citanya…lalu…

  • Iapun berlepas diri dari para pengikutnya. Ia sama sekali tidak mau bertanggung jawab atas godaan-godaannya…
  • Bahkan ia sama sekali tidak mau disalahkan dan dicela…akan tetapi ia menyuruh mereka (para pengikutnya) untuk mencela diri mereka sendiri…
  • Bahkan ia mengaku sejak dulu kufur/ingkar terhadap kesyirikan yang dilakukan oleh pengikutnya…
Baca Juga  Ini Ucapan Cocok Diberikan Kepada Anggota Keluarga Iduladha

Yang lebih menjadikan para pengikutnya tersentuh, Iblis menutup khutbahnya dengan menyatakan bahwa “Sesungguhnya orang-orang zalim mendapatkan siksaan yang pedih”…lalu Iblis menyebutkan tentang kenikmatan penduduk surga, yaitu orang-orang yang tidak mau menjadi pengikut Iblis…!!!

Sungguh kehinaan dan kesedihan yang tidak bisa terbayangkan dalam hati para penghuni neraka tatkala mendengar khutbah dari sang pemimpin…

Semoga Allah menjaga kita dari rayuan Iblis…jangan sampai kita termasuk dari orang-orang yang tersentuh karena kutbah Iblis ini….orang-orang yang tatkala di dunia tidak tersentuh oleh nasehat-nasehat, tidak tergerak hati mereka tatkala mendengar pengajian-pengajian dan khutbah-khutbah…hati mereka hanyalah tergerak dan tersentuh tatkala mendengar khutbah Iblis….wal’iyaadzu billah.

Orang yang Dimasukkan ke Neraka Jahannam

Iblis disebut akan menyampaikan khutbah kepada para pengikutnya ketika mereka akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam dan telah melihat apa yang menyala-nyala siap membakar. Allah SWT berfirman:

“Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya:

‘Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?’

Mereka menjawab: ‘Benar (telah datang)’. Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir,” (QS Az-zumar : 71).

Disebutkan jika api-api di neraka jahannam kelak akan semakin bergejolak ketika sudah melihat orang-orang yang akan dimasukkan ke dalamnya dari kejauhan.

إِذَا رَأَتۡهُم مِّن مَّكَانِۢ بَعِيدٖ سَمِعُواْ لَهَا تَغَيُّظٗا وَزَفِيرٗا

“Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya,” (QS Al Furqan: 12).

Mengetahui isi khutbah iblis dihari kiamat kelak bisa menjadi renungan bersama agar tidak menjadi orang-orang yang merugi di akhirat.

Baca Juga  Evakuasi Tanah Longsor, Endusan Anjing Pelacak K-9 Temukan 2 Orang Korban

(Redaksi/Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Perusahaan Tambang PT PMN Dilaporkan Pemerintah Dua Desa ke Kejaksaan

Headline

Hadapi Pemilu, Bupati Ir.H Mian Rakor Virtual Serentak Bersama Kemendagri

Nasional

Whatsapp Eror Pengguna Mengeluhkan Tidak Bisa Mengirim Pesan

Headline

Terinspirasi dari Kartun Ini, Bocah 4 Tahun Terjun dari Lantai 26 Pakai Payung

Headline

Inilah Daftar Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Nasional

Haru di Hari Ulang Tahun Ashraf Sinclair, BCL Tulis Pesan

Nasional

Saat Nyawa Manusia Dicabut, Seperti Ini Sosok Malaikat Maut yang Dijelaskan dalam Al-Qur’an

Headline

3 Butir Telur Dihargari 100 Miliar, Mata Uang di Negara Ini Paling Buruk Sepanjang Sejarah