Home / Headline / Nasional

Minggu, 4 Juni 2023 - 11:38 WIB

3 Jenis Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Foto Ilustrasi by iStockFoto

Foto Ilustrasi by iStockFoto

PAGUCINEWS.COM – Manusia tidak ada yang sempurna. Manusia memang tempatnya salah dan dosa.

Tanpa disadari kesalahan-kesalahan kecil di mata Allah kerap dilakukan umat-Nya.

Allah telah menetapkan ketentuan yang wajib kita taati dan hindari. Oleh sebab itu kita harus mematuhinya.

Apabila melanggar, Allah tak sungkan memberikan label dosa pada apa yang kita perbuat. Dosa pun terbagi dua, ada doa besar dan ada dosa kecil.

Baca Juga / Muslim Wajib Tahu, Ini Hukum Bersentuhan dengan Anak Tiri dalam Islam

Dosa besar adalah dosa yang paling berat kadar dosanya, jika seseorang melakukan dosa besar dan hingga akhir hayatnya tidak bertaubat, orang itu akan mendapatkan azab yang besar di akhirat kelak.

Berikut tiga dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar.

1. Riba

Riba adalah salah satu dosa besar yang sering dilakukan tanpa diri kita sadar. Padahal riba merupakan sesuatu yang telah Allah haramkan bagi kita seperti yang disebutkan dalam Alquran,

“…padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” [QS. Al-Baqarah ayat 275]

Riba berarti menetapkan bunga atau dalam kata lain melebihkan jumlah pengembalian pinjaman dengan berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok.

Saat ini, riba sangat sering kita jumpai dalam berbagai bentuk dan dengan nama yang berbeda-beda. Adapun beberapa contoh riba dalam kehidupan sehari-hari seperti:

– Transaksi perbankan (Bunga)
– Transaksi jual-beli secara kredit
– Transaksi Asuransi

Namun sayangnya karena alasan keadaan, praktik riba ini sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal tiap-tiap orang yang terlibat riba sama-sama mendapatkan dosa yang besar.

Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa riba itu ada 70 macam dosa dan Rasul mengibaratkan yang paling ringan dari dosa riba adalah seperti seseorang yang berzina dengan ibunya, astaghfirullah.

Baca Juga  Begini Proses Pemakaman Jamaah Haji yang Meninggal di Tanah Suci

2. Riya’ (pamer)

Riya juga merupakan salah satu dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar. Allah telah berfirman dalam surat Al-Ma’un bahwa orang-orang yang riya’ adalah termasuk dalam golongan orang yang celaka.

Orang yang suka menyebut-nyebut pemberiannya dihadapan orang lain dengan tujuan agar dirinya dipuji bahwa ia adalah orang yang dermawan dan sebagainya juga termasuk dalam kategori riya’.

Selain itu, orang yang shalat, membaca Alquran atau beribadah lainnya dengan tujuan agar mendapatkan pujian bahwa dirinya adalah orang yang alim juga termasuk kedalam riya.

Riya’ selain sebagai salah satu dosa besar juga merupakan suatu hal yang menyebabkan terhapusnya amalan baik seseorang. Untuk itu alangkah baiknya bagi kita untuk menjauhi sifat riya’.

3. Menyakiti Tetangga

Tetangga adalah termasuk orang yang dekat dengan kita, oleh karena itu dalam Islam dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada orang-orang terdekat kita termasuk kepada tetangga.

Menyakiti tetangga adalah sebuah dosa besar yang juga sering tidak kita sadari. Padahal orang yang menyakiti tetangga tidak akan masuk kedalam surga, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah:

“Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk itu jagalah perilaku dan perkataan kepada tetangga kita, karena mungkin barangkali tanpa sadar kita dapat menyakiti tetangga kita dengan perkataan.

Kemudian selain itu, Rasulullah juga memerintahkan kita untuk selalu berbagi dengan tetangga. Bahkan Rasulullah pernah menyampaikan bahwa kita tidak boleh kenyang sedangkan tetangga kita ada yang kelaparan.

Oleh karena itu kita harus selalu bergaul dengan orang-orang yang berada di sekitar lingkungan kita dan membantu tetangga kita yang sedang membutuhkan bantuan dengan semampu kita.

Baca Juga  Tim Gugus Tugas Terus Berjibaku Melakukan Penyemprotan Disinfektan Pandemi Covid-19

Itulah 3 jenis dosa besar yang sering dilakukan oleh manusia tanpa sadar. Ketika melakukan dosa, hendaknya segera bertaubat kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

(Redaksi/Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Headline

Akhiri Rangkaian Kerja di Provinsi Bengkulu Presiden RI Pamit Kembali Ke Jakarta

Nasional

Potret Memesona Nadin Amizah Saat Tampil di Atas Panggung

Nasional

Partai NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden Pemilu 2024

Bengkulu Utara

Pemkab BU, Zoom Meeting Implementasi e-Catalog Pengadaan Barang Jasa

Nasional

Mimpi Beli Rumah Baru? Ini 10 Arti Mimpi Beli Rumah Baru Menurut Tafsir

Headline

Puan: Berharap Pelantikan Joe Biden Perkuat Penanganan Covid-19 dan Perdamaian Dunia

Headline

4 Negara Ini Nenek Moyangnya Berasal dari Nusantara, Negaranya Juga Mirip Indonesia

Headline

Waspada! Kenali Ciri-ciri Rabies Pada Hewan Peliharaan, Akibatnya Bisa Fatal Hingga Sebabkan Kematian