Home / Uncategorized

Selasa, 6 Juni 2023 - 19:08 WIB

Bisakah Dipercaya Orang yang Mengaku Bisa Melihat Jin

Bisakah Dipercaya Orang yang Mengaku Bisa Melihat Jin

Bisakah Dipercaya Orang yang Mengaku Bisa Melihat Jin

PAGUCINEWS.COM – Jin termasuk makhluk Allah yang diciptakan untuk beribadah, layaknya manusia. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diutus untuk menyampaikan risalah kepada mereka juga, sebagaimana kepada manusia.

Baca Juga /7 Arti Mimpi Berhubungan Badan dengan Orang Asing Menurut Ahli, Contohnya dengan Artis

Oleh karenanya, ahlussunnah wal jama’ah meyakini keberadaan jin, mengingat banyaknya ayat dalam yang menjelaskan keberadaan mereka dan juga hadis-hadis shahih.

Hanya saja, jin berada di alam yang tak bisa dijangkau oleh mata manusia. Meski mereka mampu melihat kita. Namun, mungkinkah manusia berkesempatan melihat jin?

Berikut penjelasan lengkap Habib Nabiel Al Musawa. Habib Nabiel Al Musawa merupakan kakak kandung dari Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa atau yang biasa dikenal Habib Munzir Al Musawa pimpinan Majelis Rasulullah, sekarang Nabiel Al Musawa atau yang lebih dikenal sebagai Habib Nabiel sudah meninggalkan dunia politik dan kembali menekuni dunia dakwah.

Hadis Rasulullah menyatakan bahwa kita melihat dalam bentuk asli jin itu tidak bisa. Dalam Al Quran, mereka bangsa jin itu melihat kalian dari tempat yang kalian nggak bisa melihat mereka.

Maka yang bisa meliat dalam bentuk aslinya (jin) ialah para Nabi dan Rasul. Misalnya Nabi Sulaiman AS, bukan hanya melihat, tapi memerintahnya. Bahkan jin ifrit, di dalam fiqih salah satu di antara jin yang paling kuat. Tapi Nabi Sulaiman AS bisa memerintahkan ifrit, sampai ifrit mengatakan, ‘Saya bisa bawa singgasana Ratu Bilqis itu sebelum kamu bangun dari dudukmu.’ Tapi akhirnya dikalahkan juga oleh manusia juga.

Tapi intinya (melihat jin) dalam bentuk sebenarnya tidak bisa. Bahkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW, bukan hanya jin, iblis itu dalam bentuk yang sebenarnya pernah ditaklukkan oleh Nabi Muhammad SAW. Saat Nabi sedang salat dikatakan iblis bawa api mau memutuskan salat Rasul. Lalu dicekik oleh Rasulullah sampai Rasulullah mengatakan, ‘Aku sampai merasakan dingin lidahnya di tanganku.’ Seandainya tak didahului oleh doa Nabi Sulaiman saya ikat iblis itu agar bisa dilihat oleh anak-anak Madinah.

Baca Juga  Sukseskan Vaksinasi Pertama, Ketua DPRD BU Sambangi RSUD

Kalau manusia melihat asli (jin) itu tidak bisa. Itu adalah penjelmaan. Kita tidak bisa melihat dia dalam bentuk asli, tergantung otak kita kemana, kalau dari kecil dibentuknya pocong, kuntilanak, ya terbentuknya itu tergantung budaya.

Maka kita jangan sampai kemudian kita mendengarkan begitu, hidup kita kena obsesi setan terus menerus.

Kemudian saya ingin menyampaikan dulu secara syariat Islam, kaidah Islam, keberadaan atau eksistensi daripada keberadaan jin itu kita wajib mengimani. Jadi bahwa jin itu ada, itu ada wajib kita imani. Kenapa? karena dia disebutkan dalam Al Quran dan sunnah Nabi Muhammad SAW dan disepakati oleh para ulama.

Bahkan dalam Al Quran itu ada surat Al Jin.

… قُلْ أُوحِىَ إِلَىَّ أَنَّهُ ٱسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ ٱلْجِنِّ فَقَالُوٓا۟ إِنَّا سَمِعْنَا قُرْءَانًا عَجَبًا يَهْدِىٓ إِلَى ٱلرُّشْ

Kata Allah SWT:

Katakan wahai Muhammad telah diwahyukan kepadamu sudah diperdengarkan golongan jin dalam bacaan Al Quran ini. Lalu mereka (jin) mengatakan, kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan itu Al Quran.

Artinya keberadaan dia (jin), eksistensinya, wajib kita imani. Tapi bahwa apakah itu, bila ada gambar (yang tertangkap kamera) itu jin atau bukan tidak wajib mengimaninya. Karena belum tentu takutnya itu bikinan, karena kita tahu teknik itu macam-macam, ada dibikin pakai benang lalu dihilangkan pakai aplikasi benangnya tak kelihatan dan itunya (sosok yang dikira jin atau makhluk gaib) bergerak. Jadi kalau kasusnya kita tidak wajib mengimani. Tapi, eksistensinya.

(Redaksi/Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Lepas Peserta  Jalan Santai 

Uncategorized

Poktan Sinar Gemilang Terima Power Thresher Dari DTPHP Bengkulu Utara

Uncategorized

Hari Pertama Masuk ASN Usai Idul Fitri, Bupati Mukomuko Inspeksi Mendadak ke OPD

Headline

Katanya Pertanda Buruk, Inilah 5 Arti Mimpi Melihat Api

Uncategorized

Hari Bela Negara dan Hari Ibu, Pemkab BU Peringati, Wabup Arie Inspektur Upacara

Uncategorized

Menkes Kesehatan RI Kunjungi Bumi Rafflesia, Disambut Gubernur Bengkulu

Uncategorized

Ketua DPRD dan Ketua Komisi I Sambut Pendemo Tenaga Honorer

Uncategorized

Pemerintah Kabupaten Mukomuko Bakal Terima Dana Inpres 50 miliar