Home / Headline / Nasional

Senin, 5 Juni 2023 - 21:20 WIB

3 Jenis Mimpi yang Dilarang Diceritakan Kepada Orang Lain, Ternyata Ini Alasannya

3 Jenis Mimpi yang Dilarang Diceritakan Kepada Orang Lain, Ternyata Ini Alasannya

3 Jenis Mimpi yang Dilarang Diceritakan Kepada Orang Lain, Ternyata Ini Alasannya

PAGUCINEWS.COM Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur.

Mimpi menjadi salah satu kegiatan mental yang secara alamiah terjadi karena saat tidur otak masih bekerja. Seseorang bisa bermimpi ketika ia banyak menerima hal baru.

Namun, mimpi tidak hanya menghampiri ketika seseorang menerima hal baru saja, mimpi juga bisa hadir dari kenangan lama yang tersimpan dalam memori otak.

Mengutip dari Scientific American, ilmuwan Jim Davies menyebut seseorang bisa mimpi karena aktivasi sintesis, di mana otak depan menginterpretasikan aktivitas secara acak dari sumsum tulang belakang dan otak kecil saat tidur, terutama pas gerak mata cepat (REM).

Penyebab sebuah mimpi bisa sangat aneh adalah otak menginterpretasikannya dari informasi yang acak. Ada juga teori bagian otak tertua jadi pusat emosi dasar. Hal tersebut jadi sebab mimpi kebanyakan mengikuti emosi atau perasaan.

Adapun setelah bermimpi, apalagi yang aneh-aneh, seseorang punya keinginan untuk menceritakannya ke orang lain. Dari teori simulasi ancaman, ada yang namanya dua kepala lebih baik dari satu dan karena itu orang suka menceritakan mimpi buruk.

Mengenai tentang mimpi buruk yang sebaiknya tidak diceritakan kepada orang lain, ini juga diajarkan dalam Islam. Terdapat 3 jenis mimpi yang dilarang diceritakan kepada orang lain, apa saja mimpi itu, simak penjelasannya berikut ini.

Sebuah mimpi yang baiknya kita hindari dan kata Nabi Muhammad, jenis mimpi dari setan ini jangan dijadikan patokan atau panduan untuk melakukan apa pun.

Sebab mimpi ini datangnya dari setan, bisa jadi hal tersebut merupakan bisikan untuk berbuat buruk.

Bisa juga mimpi tersebut bagus-bagus dan menyenangkan, tapi biasanya hanyalah tipu muslihat setan untuk menjerumuskan manusia untuk kelak bersama setan di neraka Jahanam.

Baca Juga  Gemar Maksiat Namun Selalu Diberikan Kemewahan dan Kenikmatan Dunia, Awas itu Perangkap Allah SWT Bagi Hambanya yang Membangkang

Sabda Nabi Muhammad SAW: Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan salatlah!. (HR Muslim).

1. Mimpi Kabar Gembira dari Allah

Mimpi ini isinya adalah kebaikan dan sebuah petunjuk bagi seorang muslim. Kata para ulama, usai mimpi ini biasanya ada sesuatu yang tergerak dalam hati kita. Sesuatu yang mungkin bisa si pemimpi tersebut yang merasakannya dan berisikan hal-hal baik

2. Mimpi karena Pikiran

Mimpi jenis ini bisa jadi karena aktivitas kita seharian yang masih terbawa oleh mimpi. Ini yang paling sering dan kerap dinamai mimpi sebagai ‘bunga tidur’.

3. Mimpi dari Setan

Nabi Muhammad mengingatkan kita, jika mendapatkan mimpi ini atau setelah kita bangun ingin berbuat kemungkaran, maka segeralah berdiri dan salat.

Mimpi yang berasal dari hal buruk dan tentunya kita hindari, serta yang paling penting: jangan diceritakan kepada siapa pun. Wallahu a’lam .

(Redaksi/Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Headline

7 Arti Mimpi Berhubungan Badan dengan Orang Asing Menurut Ahli, Contohnya dengan Artis

Bengkulu Utara

Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus Dipimpin Wakil Bupati

Advertorial

259 Unit Usulan Beda Rumah, Berhasil di Loby Bupati Mian ke Menteri Sosial

Headline

Roberto Carlos Hingga Marco Materazzi ke Indonesia, Latih Timnas U-16

Bengkulu Utara

BPK Apresiasi Bengkulu Utara, Tercepat Pertama Menyerahkan LHP

Nasional

Dugaan Suap Gratifikasi Gubernur Papua, Jadi Tersangka Oleh KPK

Hukum & Peristiwa

TM  Buka Suara Setelah Diamankan Propam Polri Dugaan Kasus Narkoba

Nasional

Ini Cara Muda Usir Lalat dan Seranga Lainya