Home / Headline / Nasional

Sabtu, 3 Juni 2023 - 15:27 WIB

Bayar Listrik Cukup dari Rumah, Berikut Cara Bayar Listrik dengan HP

Teknologi terbaru PLN

Teknologi terbaru PLN

PAGUCINEWS.COM Pelanggan pascabayar PLN (Perusahaan Listrik Negara) kini bisa membayar tagihan listrik secara online hanya lewat handphone (HP). Pelanggan perlu untuk mengetahui cara bayar listrik online.

Kemudahan ini tentu membawa banyak manfaat, apalagi untuk kamu yang punya mobilitas tinggi dan tidak punya waktu banyak. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara bayar listrik lewat HP, terutama para orang tua yang masih beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Baca Juga /Jangan Sampai Salah Beli, Ini Tips Membedakan iPhone Asli dan iPhone HDC

Nah, agar membayar listrik jadi aktivitas yang mudah, yuk simak beberapa cara melihat tagihan listrik hingga pembayarannya lewat HP berikut ini!

Ada beberapa cara yang bisa dipakai saat hendak mengecek tagihan listrik lewat HP, mulai dari aplikasi hingga memakai website. Berikut penjelasannya!

1. Lewat Aplikasi PLN Mobile

Salah satu cara cek tagihan listrik lewat HP adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Jika sudah download, buatlah akun terlebih dahulu dengan klik fitur ‘Daftar’. Isi nama lengkap, nomor meter atau ID Pelanggan, lokasi rumah, nomor ponsel, email, hingga password. Lalu, login ke aplikasi dan pilih fitur ‘Informasi’ dan klik ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’. Jika sudah, aplikasi akan menampilkan tagihan listrik rumahmu.

2. Lewat Website PLN

Selain aplikasi, juga bisa mengecek tagihan melalui website PLN. Caranya, buka website PLN di https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik. Kemudian, pilih ‘Daftar Akun’ di bagian pojok kanan bawah pada website jika kamu belum terdaftar. Setelah itu, isi kolom dengan data diri, seperti nama, email, ID pelanggan, nomor HP, password, hingga kode captcha, dan terakhir klik ‘Daftar’.

Jika sudah, kamu akan mendapatkan email berisi kode verifikasi, lalu masukkan kode tersebut. Kemudian, lakukan login dan sistem akan menampilkan informasi tagihan listrik yang harus kamu bayar.

Baca Juga  Waspada! Kenali Ciri-ciri Rabies Pada Hewan Peliharaan, Akibatnya Bisa Fatal Hingga Sebabkan Kematian

3. Lewat SMS

Cara ketiga yang bisa dijajal adalah memakai SMS untuk cek tagihan listrik pascabayar. Caranya pun mudah, cukup kirim pesan ke 8123 dengan format ‘REK (nomor ID Pelanggan)’, atau contohnya ‘REK 8990809898’. Jika sudah, tunggu hingga mendapat balasan dari PLN berisi rincian tagihan.

4. Lewat Call Center

Kita juga bisa mengecek tagihan listrik lewat Call Center. Caranya cukup dengan menelepon nomor 123. Jika sudah, ikuti perintah yang muncul dari sambungan telepon. Biasanya kamu akan diminta menyebutkan nomor ID Pelanggan PLN, baru setelah itu pihak PLN akan menyebutkan tagihan listrik bulanan.

5. Lewat Email

Terakhir, kamu bisa melihat tagihan listrik lewat email. Caranya, kamu harus terdaftar terlebih dahulu di e-billing PLN. Dengan terdaftar e-billing kamu akan mendapatkan email tagihan. Untuk mendaftar, kamu bisa bertanya di media sosial resmi PLN atau kirim email ke [email protected].

Nah, itulah tadi beberapa cara bayar tagihan listrik PLN secara online dengan menggunakan Hp.

(Redaksi/Suliswan)

Spread the love

Share :

Baca Juga

Nasional

King Cup 2022 Tajikistan Keluar Sebagai Juara Pertama

Nasional

Waspada 17 Wilayah Diperkirakan Mengalami  Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Nasional

Viral! Wanita Bangun dari Peti Mati Saat Disemayamkan

Headline

Kemampuan Mengendalikan Mimpi (Lucid Dream) Apakah Berbahaya? Ini Caranya Melakukannya

Kesehatan

Mengobati Punggung Sendi Setelah Usia 50 Tahun

Headline

Menhan RI Prabowo S dan Menhan AS Lloyd J Gelar Pertemuan

Headline

Diduga Oknum Kades Esek- esek Dengan Perempuan Bersuami

Headline

Memaknai Hari Bhayangkara, Menghargai Peran Polri dalam Membangun Keamanan dan Keadilan