Home / Bengkulu Utara / Hukum & Peristiwa

Kamis, 11 Juni 2020 - 15:59 WIB

Kunjungan Kerja dan Silaturahmi Kapolres ke KPU Kabupaten Bengkulu Utara

Kamis 11 Juni 2020

Pagucinews – Kantor Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bengkulu Utara menerima kunjungan kerja Kapolres Bengkulu Utara pukul 09.24 WIB,Kamis (11/06/ 2020)

Kapolres AKBP Anton Setyo Hartanto,S.I.K,MH di dapingi Kabag Ops AKP M Jufri, kunjunganya di KPU Bengkulu Utara dalam Rangka kunjungan kerja dan Silaturahmi, kunjunganya disambut ketua KPU Ruges Mawansyah,S.E.M.E

Dalam kunjunganya Kapolres di KPU Bengkulu Utara melakukan koordinasi  tentang persiapan akan kembali dimulainya Tahapan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bengkulu Utara. Mendorong KPU Bengkulu utara  untuk mempersiapkan dengan baik segala sesuatu Tahapan yang nantinya akan berjalan, di tenga pandemi covid-19 untuk tetap melaksanakan Protokol Kesehatan,” ujar Jufri

“Iya untuk menjalin Sinergitas , Soliditas antara Polres Bengkulu utara  dengan Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU Bengkulu Utara dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bengkulu Utara.

Hadir juga dalam knjungan tersebut Kasat Intelkam AKP ANDRI ANWAR, S.H, M.M,Komisioner KPU Kab. Bengkulu Utara SUWARTO,SH, Komisioner KPU BU RAMADIANDRI, S.Ikom, Komisioner KPU BU BEJO,S .Pt, Kasubbag Program dan Data KUKUH WIBOWO,BA.

Tahapan Pilkada Tahun 2020 di berbagai Propinsi dan Kabupaten yang melaksanakan Pilkada sebelumnya karena adanya hasil keputusan dan Rapat Bersama antara Mendagri bersama DPR RI , Bawaslu RI serta DKPP untuk melanjutkan Tahapan Pilkada Tahun 2020 di tanggal 15 Juni 2020 sambil menunggu adanya PKPU tentang Pencabutan Penundaan Tahapan dan Dimulainya Kembali Tahapan Pilkada Tahun 2020.

Kapolres Bengkulu Utara kata AKP Jufri juga menyampaikan berberapa catatan terhadap KPU yang akan menghadapi Pemilu 2020 akan datang sbb:

– KPU BU tetap akan melanjutkan kembali Tahapan Pilkada Tahun 2020 di tanggal 09 Desember 2020 ditengah Pandemi Covid-19.

– Pemilih Per TPS dibatasi Pemilih 500 ( lima ratus ) sehingga terjadi Penambahan Jumlah TPS sebanyak 36 TPS tersebar di Kecamatan kecuali Kecamatan Enggano , sehingga total penambahan 636 TPS.

– Usulan Penganggaran APD bagi Penyelenggara Pemilu belum masuk di APBD , NPHD dan  Usulan Penambahan APD bagi Penyelenggara Pemilu untuk dapat diusulkan di APBN dan sudah diusulkan Pagu Anggarannya oleh KPU BU.

– Jumlah Rincian Kebutuhan APD yang diusulkan oleh KPU Kabupaten BU ke KPU RI sesuai format kebutuhan berupa  masker , sarung tangan , hand sanitizer , tempat cuci tangan.

– Usulan APD yang diusulkan oleh KPU Kab. Bengkulu Utara ke KPU RI sebesar Rp. 3,76 M dan saat ini belum ada hasil ataupun anggaran yang disetujui oleh KPU RI.

– KPU RI tetap berpedoman setiap Penyelenggara dan Jajaran khusus kegiatan di lapangan seperti Validasi Dukungan serta Verifikasi Faktual Data Pemilih dilapangan wajib dan harus memakai APD selain wajib menggunakan Masker ,serta hal – hal yang wajib dilakukan dan tetap dilaksanakan penyediaan dan penyiapan sarana dan prasarana dengan tetap memperhatikan Protokoler Kesehatan dari Kemenkes RI.

– Polres  BU menyarankan untuk TPS yang terjadi penambahan agar dikoordinasikan secara kontinu guna dapat dijadikan Mapping Kerawanan TPS untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan serta untuk Renpam TPS nantinya pada saat Pemungutan Suara.

– PKPU kemungkinan besar akan diterbitkan oleh KPU RI sebelum Tahapan Pilkada kembali dilaksanakan tanggal 15 Juni 2020 dengan Tahapan Pertama Mengaktifkan kembali PPK serta apakah nantinya akan dilaksanakan Pengecekan Kesehatan bagi PPK dan Jajaran serta Tahapan selanjutnya berupa Coklit untuk Pemuthakiran Data Pemilih untuk Pilkada Tahun 2020.

Kerawanan yang mungkin timbul akan terjadi perubahan TPS terkhusus di Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya dan mendapat penambahan TPS – TPS dari beberapa Dusun yang berada di Desa Urai yang dulunya Dusun tersebut menginduk ke Desa Induk yakni Desa Urai Kecamatan Ketahun dengan Dusun – Dusun yang TPS- nya berpindah ke Desa Air Sebayur sbb :

* Dusun Simpang Batu.

Baca Juga  Polres Musi Rawas Amankan LI, Diduga Simpan 1.06 Gram Sabu

* Dusun Alas Bangun.

* Dusun Sebayur Jaya.

* Dusun Limas Jaya.

* Dusun Gembung Raya.

Redaksi : Pagucinews

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Jembatan Gantung Air Palik Desa Pukur Diresmikan Wabup

Bengkulu Utara

Eksekutif Sampaikan Jawab Pandangan Umum Fraksi-Fraksi  DPRD, Raperda APBD Tahun 2024

Hukum & Peristiwa

Perkuat Silahturahmi, Kapolres Adakan Senam dan Lomba Bersama Insan Pers

Bengkulu Utara

Pesan Bunda PAUD BU, Wujudkan Gerakan PAUD Berkualitas Secara Berkeadilan

Hukum & Peristiwa

Diduga Keserempet Mobil Pick Up Warga Pardasuka Meninggal Dunia

Bengkulu Utara

Pemdes Samban Jaya Kembali Bagikan BLT Tahap III, Lansung Oleh Bupati

Bengkulu Utara

Bupati Bengkulu Utara Mian, Perombakan 33 Pejabat Eselon II,III dan IV

Bengkulu Utara

Awal Tahun 2020 Dinkes Mencatat 21 Orang Diduga Terjangkit DBD