Home / Bengkulu Utara / Potret Desa

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:18 WIB

Kegiatan Rutin Program Stunting, Desa Padang Sepan

Oplus_131072

Oplus_131072

PAGUCINEWS.COM –  Pemerintah Desa Padang Sepan kecamatan Tanjung Agung Palik Kabupaten Bengkulu utara bekerja sama dengan Kantor BKKBN dan Bidan desa kegiatan rutin program Stunting kepada warga Desa Padang Sepan, Selasa (09/07/2024).

Baca Juga/Cegah Kematian Ibu dan Anak, Ini Langkah Dinas Kesehatan Kaur

Kegiatan sosialisasi stunting dan pembagian makanan tambahan ini dilaksanakan guna Mencegah permasalahan gizi buruk yang ada dimasyarakat, sebagai permasalahan global saat ini, aksen plus dilakukan pemerintah desa Padang Sepan kecamatan Tanjung Agung Palik dalam mengapresiasi program pemerintah.

“Kita lakukan kegiatan ini untuk mendukung penuh program pemerintah dalam pencegahan gizi buruk di desa Padang Sepan, terlepas saat ini di desa kita sudah melakukan kegiatan rutin dan terus ada perbaikan dalam program pencegahan stunting”, ujar kades Padang Sepan Imron.

“Stunting merupakan gangguan pertumbuhan kronis pada anak balita (bawah lima tahun) akibat kekurangan asupan nutrisi atau malnutrisi dalam waktu cukup lama. Penyebabnya adalah makanan yang ia konsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai usia si anak. Pada umumnya, stunting terjadi pada balita, khususnya usia 1-3 tahun”

” Pada rentang usia tersebut, Ibu sudah bisa melihat apakah si anak terkena stunting atau tidak. Meski baru dikenali setelah lahir, ternyata stunting bisa berlangsung sejak si anak masih berada dalam kandungan.

Salah satu dampak stunting yang bisa dilihat adalah tinggi dan berat badan anak jauh di bawah rata-rata anak seusianya. Selain itu, stunting juga bisa membuat anak mudah sakit, punya postur tubuh kecil ketika dewasa, dan menyebabkan kematian pada usia dini”.

” Stunting juga bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Anak kemungkinan akan sulit belajar dan menyerap informasi, baik secara akademik maupun non akademik, karena kekurangan nutrisi sejak dini”, kata Narasumber, yang disampaikan melalui kader balita desa Padang Sepan.

Baca Juga  Polisi Tangkap Pelaku Curanmor

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Kegiatan sosialisasi stanting ini dihadiri oleh camat Tanjung Agung Palik Zainal, kader kesehatan desa, PKK, ibu rumah tangga dan Kelompok masyarakat yang ada di Desa Padang Sepan, kecamatan Tanjung Agung Palik untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara mencegah stunting di dalam suatu keluarga.(Adv)

Redaksi – Suliswan

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

HUT Ke-53 Provinsi Bengkulu Dengan Tema,“Optimis Bengkulu Maju”

Bengkulu Utara

Tilang Elektronik di Berlakukan, Pelanggar Siap-Siap DiJepret Kamera ETLE  Mobile

Bengkulu Utara

Plt Kepala BKAD BU, Menerima Kunjungan Kerja Kepala BPJS Kesehatan Cabag  Curup

Bengkulu Utara

Pengurus PGRI Provinsi Bengkulu Silaturahmi Dengan Gubernur Bengkulu

Bengkulu Utara

Polres Bengkulu Utara Jalani Pemeriksaan Itwasum Polri di Polres Rejang Lebong

Bengkulu Utara

Ketua Komisi II DPRD Ucapkan Selamat HUT ke- 47 Kabupaten Bengkulu Utara

Bengkulu Utara

Hari Kesehatan Nasional BU, Raih 5 Penghargaan dari Gubernur Bengkulu

Bengkulu Utara

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Optimis Mian-Arie Pilkada Menang