Home / Bengkulu Utara

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 21:07 WIB

Pemerintah Desa Kertapati Gelar Pelatihan Penyusunan RPJMDes Berbasis SDGs

PAGUCINEWS.COM = Pemerintah Desa (Pemdes) Kertapati, Kecamatan Air Besi kabupaten Bengkulu Utara mengadakan kegiatan pelatihan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) berbasis SDGs (The Sustainable Development Goals) atau berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Pelatihan ini diadakan selama tiga hari, yakni tanggal 3 dan tanggal 4 oktober 2022 dan hari terakhir diadakan tanggal 11 oktober 2022 di Aula Kantor Desa Kertapati. Dengan pemateri dari Dinas PMD, dari Kecamatan Air Besi dan Pendamping Desa.

Kepala Desa Kertapati, Sudirman, kepada awak media ini mengungkapkan, dengan diadakannya pelatihan ini, ia berharap supaya kedepannya para perangkat desa lebih meningkat lagi wawasannya terutama dalam penyusunan RPJMDes.

“Harapan kita kedepannya supaya para perangkat desa bisa tertib dalam beradministrasi, mulai dari mengelola data penduduk, data bangunan yang sudah dibangun dalam bundel yang sudah tertuang dalam RPJMDes. Baik yang sudah dibangun 6 tahun sebelum ini maupun 6 tahun yang akan datang.,” harap Kades.

Kades juga menyebutkan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para peserta dalam penulisan, teknik perencanaan serta pemecahan analitis atas permasalahan pembangunan yang dihadapi di desa dengan berbasis SDGs

Maka dengan adanya pelatihan ini diharapkan 20 orang peserta pelatihan dapat memetik manfaat serta meperdalam ilmu dalam penyusunan RPJMDes serta beradministrasi.

“Insha Allah para perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, yang mengikuti pelatihan ini mendapatkan ilmu yang sangat beharga sebagaimana yang sudah disampaikan oleh para nara sumber. Dengan tertibnya administrasi, dan saling bekerjasama dengan baik tentu desa kita akan lebih maju,” ucap Kades menambahkan.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan. Sementara pemateri dari PMD adalah Seno Bayu Aji, kemudian Bambang dari pendamping desa serta Kasi PMD Kecamatan Air Besi Hermeliza, SE dan Ripondi S.IP.

Redaksi : Suliswan

 

Spread the love

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Bupati Mian Launching Laboratorium Lingkungan Hidup, Ter Akreditasi Nasional

Bengkulu Utara

Perjuangkan Perbaikan Jalan, Ketua DPRD BU Temui Kadis PU Provinsi

Bengkulu Utara

Musyawarah Wabup BU, Menerima Seluas-luasnya Masukan Saran Dari BMA

Bengkulu Utara

Peringati Hari Bhakti Adyaksa ke- 60 Kejaksaan BU, Bakti Sosial

Bengkulu Utara

Arahan Wakil Bupati Bengkulu Utara Dalam Rakor Registrasi Sosial Ekonomi

Bengkulu Utara

Ruang Kerja  Kepala Dispendik BU, Digeledah Ditreskrimsus Polda Bengkulu

Bengkulu Utara

Polres Bengkulu Utara Gelar Vaksinasi, Sasar Santri Pondok Pesantren Darussalam

Bengkulu Utara

Warsiman Kembali Pimpin PWI Bengkulu Utara Masa Bakti 2021-2024